-Samarinda, Indonesia-
Deskripsi Mata Kuliah Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan FPIK Universitas Mulawarman sebagai berikut :
No | Kode Matakuliah | Nama Matakuliah | Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | Deskripsi Mata Kuliah | PIP UNMUL Yang Diintegrasikan | Metode Pembelajaran |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | MU0000602W001 | Pendidikan Agama Islam | Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dirancang untuk mendorong minat mahasiswa sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi ilmuwan dan professional yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan memiliki etos kerja, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan. | Mata kuliah ini terdiri dari teori dan Bina Baca Al Qur’an (BBAQ) yang materinya meliputi Metode pembelajaran menggabungkan pemahaman materi di kelas dan peningkatan kemampuan BBAQ yang dipandu oleh mentor-mentor yang telah melewati training kapasitas pembinaan baca Al Qur’an dengan berkoordinasi pada MPK Universitas Mulawarman, dimana instrumen teknologi juga diterapkan dalam mendukung perkuliahan dan pembinaan. | Mahasiswa memantapkan kepribadiannya agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar keagamaan dan kebudayaan, rasa kebangsaan dan cinta tanah air sepanjang hayat dalam menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dimilikinya dengan rasa tanggung jawab sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. | |
2 | MU0000602W002 | Pendidikan Pancasila | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki; Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam mengembangkan pengetahuan; | |||
3 | MU0000603W003 | Bahasa Indonesia | Mampu menuliskan beragam komunikasi tulis secara baku khususnya penulisan karya ilmiah; Menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam komunikasi untuk berbagai keperluan | Mata kuliah Bahasan Indonesia ini merupakan mata kuliah yang bertujuan membekali mahasiswa kemampuan memahami dan menggunakan Bahasa Indonesia dalam komunikasi tulis ilmiah. Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang ragam komunikasi tulis secara baku berdasarkan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia dan Ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.Tujuan akhir dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu menuliskan beragam komunikasi tulis secara baku khususnya dalam menulis karya ilmiah. | Mampu menggunakan konsep dasar Bahasa Indonesia berdasarkan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia dan Ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan karya ilmiah di bidang perikanan dan kelautan khususnya pada lingkungan hutan tropis lembap. | |
4 | 5304 | Ilmu Sosial dan Budaya Dasar | Memiliki karakter “Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh” dalam perilaku keseharian; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; Memiliki motivasi dan percaya diri serta memiliki kemampuan inovatif dan kreatif; Berjiwa bahari, disiplin, kerjasama, egaliter dalam pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | Konsep dan penerapan ilmu sosial dan ilmu budaya yang bertujuan membina mahasiswa agar menjadi warga masyarakat dan warga negara yang baik, yaitu pendidikan yang berkenaan dengan pengembangan kepribadian mahasiswa. Mahasiswa diharapkan memahami dan menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman dan kesetaraan manusia dan martabat manusia sebagai makhluk individu dan sosial dalam kehidupan bermasyarakat; menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif dalam memecahkan masalah sosial, budaya dan lingkungan; bertanggungjawab terhadap sumberdaya alam dan lingkungannya; bertanggungjawab dalam kehidupan bermasyarakat dengan landasan nilai estetika, etika, moral dan hukum ; memiliki wawasan luas selaku individu dan makhluk sosial yang beradab untuk mempraktekan pengetahuan akademis dan keahliannya dalam kehidupan bermasyarakat | ||
5 | 190602603W001 | Bahasa Inggris | Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam Bahasa inggris; Mampu menyampaikan ide/gagasan sederhana dalam Bahasa inggris; Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam Bahasa inggris; Mampu menggunakan tata Bahasa dasar (grammar) dalam Bahasa inggris; Mampu mengenal berbagai macam paragraph dalam bahasan inggris; | Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh universitas (MKU), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang perikanan dan kelautan menggunakan Bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar Bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing. | Mampu menggunakan konsep dasar basaha inggris (reading, listening, speaking, dan writing) terkait dengan pembelajaran dan/atau ekplorasi sumber daya alam di bidang perikanan dan kelautan khususnya pada lingkungan hutan tropis lembap. | |
6 | 190602603W002 | Pengantar Sosial Ekonomi Perikanan | Case Methods | |||
7 | 190602603W003 | Biologi Umum | Menghasilkan sarjana yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Mampu memahami prinsip dasar biologi, yaitu kehidupan sel makhluk hidup; Mampu memahami dan menjelaskan proses kehidupan dari sel hingga lingkungan hidup organisme; Mampu menjelaskan hubungan Biologi dengan bidang ilmu perikanan | Mata Kuliah ini menjelaskan tentang pengertian sel, Organisme multiselluler, Kerja Kimia sel, Respirasi sel, Metabolisme sel, Kontrol metabolisme, Jaring-jaring Kehidupan, Individu dan Populasi, Komunitas dan Ekosistem dan Peran hewan air dalam Lingkungan Perairan. | ||
8 | 190602603W004 | Matematika Dasar | Mahasiswa mampu memahami konsep dasar matematika. | Mata kuliah ini membahas bagaimana memahami konsep dasar matematika. | Mampu mengaplikasikan konsep matematika yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah dalam lingkup area hutan tropis lembap di pulau Kalimantan. | |
9 | 190602603W011 | Statistik | Mampu menjelaskan konsep statistika dan statistika dikaitkan dengan data sosial ekonomi perikanan; Mampu menjelaskan dan membuat daftar distribusi frekuensi dan pengukuran penyimpangan; Mampu menjelaskan teori peluang dan sebaran (distribusi) peluang; Mampu melakukan pendugaan parameter dan pengujian hipotesis; Mampu melakukan analisis ragam dan analisis regresi; | Mata kuliah ini membahas tentang Pendahuluan, Penyajian data, daftar distribusi frekuensi dan pengukuran penyimpangan, teori peluang dan distribusi peluang, pendugaan parameter, pengujian hipotesis, analisis ragam, analisis regresi | Case Methods | |
10 | 190602603W012 | Ikhtiologi | Mampu mengidentifikasi dan menganalisis biota ikan di wilayah perairan, pesisir dan laut KK4 Mampu mengeksplorasi dan menganalisis potensi sumberdaya kelautan dan perikanan; Mampu mengidentifikasi, memahami dan menganalisis biota delta, pesisir dan laut; Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri | Matakuliah ini membahas mengenai konsepsi sistematika ikan dan peranan ahli sistematika ikan; mendeskripsikan beberapa jenis ikan yang hidup di perairan Indonesia; menjelaskan fungsi makro sepuluh sistem organ tubuh ikan dengan modifikasi- modifikasi yang terjadi pada sistem sistem organ tubuh tersebut. Sehingga mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis, mengevaluasi kondisi dan mengestimasi potensi sumberdaya perikanan laut. | Mampu mengaplikasikan konsep Ikhtiologi yang dapat digunakan untuk memahami dan membantu menyelesaikan masalah dalam lingkungan perairan dan kelautan di area hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. | |
11 | 190602603W013 | Pengantar Oseanografi | Mahasiswa mampu memahami pengertian dan hubungan oseanofrafi dengan disiplin ilmu lainnya yang berhubungan dengan kelautan dan perikanan dan mampu menjelaskan parameter dan proses proses oseanografis di pantai, estuaria dan laut yang berhubungan dengan eksplorasi dan konservasi laut. | Mata kuliah ini membahas parameter oseanografis dan proses-proses oseanografis; merupakan dasar dari matakuliah selanjutnya utamanya Oseanografi Fisika, Oseanografi Perikanan, Oseanografi Kimia, Biologi laut, Meteorologi Laut dan Geologi laut. | ||
12 | 190602603W014 | Fisika Dasar | Mampu menjelaskan teori dasar fisika kelautan; Mampu menghubungkan parameter fisika terhadap fenomena alam | Mata kuliah ini membahas teori dan implementasinya fisika dasar terhadap ilmu kelautan. | Mampu memahami dan menjelaskan teori fisika dasar yang kaitannya dengan ilmu kelautan khususnya di wilayah hutan tropis lembap. | |
13 | 190602603W015 | Ilmu Kependudukan | Mampu menguasai landasan teori dan konsep dasar Ilmu Kependudukan; Menguasai Landasan Teori dan Konsep-Konsep kependudukan secara luas; Menguasai konsep dasar kependudukan; Menunjukkan sikap bertanggungjawab secara mandiri tentang kebijakan pemerintah di bidang kependudukan; Menginternalisasi semangat dalam merencanakan pembangunan; Mewujudkan karakter “Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh” dalam perilaku keseharian; Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam penyelesaian masalah di bidang kependudukan; Mampu menyusun hasil kajian dibidang data kependudukan yang tertuang dalam skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; Mampu berperan sebagai fasilitator/konsultan bidang pemberdayaan masyarakat perikanan; Mampu membuat peramalan jumlah penduduk; Mampu merancang dan melaksanakan penelitian, dengan memasukan indicator kependudukan. | Mata Kuliah Pengantar Ilmu Kependudukan berisi bahasan tentang pengertian kependudukan dan demografi, teori-teori kependudukan, fertilitas, mortalitas, migrasi, sumber data kependudukan, ketenagakerjaan, komposisi dan piramida penduduk, proyeksi penduduk, penduduk dan kemiskinan, serta kebijakan kependudukan | Mampu merancang penelitian dengan topik berbagai kegiatan baik di bidang sosial maupun ekonomi dari berbagai usaha yang dilakukan oleh masyarakat perikanan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. Mampu merancang penelitian dengan topik kearifan lokal masyarakat pesisir dalam mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. Mampu merancang penelitian dengan ruang lingkup pengukuran potensi sumberdaya perikanan dan kelautan baik dari sisi ekonomi,biologi maupun ekologi di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. | Case Methods |
14 | 190602602W016 | Pengantar Agribisnis Perikanan | Mampu memahami landasan teori dan kosep ekonomi kelautan dan perikanan yang berkelanjutan yang terkait dengan ekonomiproduksi perikanan Mampu memanfaatkan ipteks dalam menguraikan analisa usaha perikanan berdasarkan ruang lingkup ilmu ekonomi produksiperikanan dalam upaya peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, Mampu melaksanakan penelitian, serta mempublikasikan hasil penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang Agrobisnis perikanan berdasarkan teori dan aplikasi ekonomi produksi prikanan dengan berpijak pada keanekaragaman budaya,pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam pengelolaan sumberdaya perikanan berdasarkan hasil analisis data yangbertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | Mata Kuliah Pengantar Agribisnis Perikanan in diharapkan mahasiswa dapat memahami serta menjelaskan kegiatanagribisnis perikanan pada bidang penangkapan, budidaya dan serta pengolahan perikanan, serta menganalisa usaha perikanan tersebut | Case Methods | |
15 | 190602603W017 | Sosiologi Perikanan dan Kelautan | Mampu memahami landasan teori dan konsep sosiologi masyarakat baik secara umum maupun terkait dengan komunitas spesifik di wilayah pesisir dan perairan umum; Mampu memanfaatkan ipteks dalam menguraikan konsep dan analisa sosiologi masyarakat berdasarkan ruang lingkup ilmusosiologi perikanan dalam upaya peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara; Mampu melaksanakan penelitian, serta mempublikasikan hasil penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah dibidang agrobisnis perikanan dan bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan berdasarkan teori dan aplikasi sosiologi perikanan dengan berpijak pada keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam pengelolaan sumberdaya manusia dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan kelompok masyarakat pelaku usaha perikanan berdasarkan hasil analisis data yang bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | Aspek cultural (sistem kekerabatan, budaya dan pengetahuan lokal), struktural (pelapisan/stratifikasi sosial, interaksi dan hubungan sosial, jaringan sosial) kelembagaan sosial, pola nafkah ganda, gender dan peranan wanita, konflik sosial, kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat, yang merupakan hal penting berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat perikanan yang merupakan komunitas spesifik di wilayah pesisir maupun perairan umum. | Mampu merancang penelitian dengan topik kearifan lokal masyarakat pesisir dalam mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan; Mampu merancang penelitian dengan ruang lingkup pengukuran potensi sumberdaya perikanan dan kelautan baik dari sisi ekonomi,biologi maupun ekologi di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. | Case Methods |
16 | 190602602W027 | Ekonomi Makro | Mampu menjelaskan pengertian ekonomi makro, permasalahan, tujuan, dan variabel ekonomi makro; Mampu menjelaskan metode perhitungan pendapatan nasional; Mampu menjelaskan Teori klasik dan keynes menegnai penentuan tingkat kegiatan ekonomi negara; Mampu menjelaskan perekonomian pasar barang dan pasar uang, keseimbangan pasar barang dan pasar uang (analisis IS-LM); Mampu menjelaskan Pertumbuhan ekonomi, inflasi dan pengangguran; Mampu menjelaskan Konsumsi dan investasi; Mampu menjelaskan perekonomian terbuka; | Mata kuliah ini membahas tentang meliputi Pendahuluan, permasalahan, tujuan dan variabel ekonomi makro, metode perhitungan pendapatan nasional, Teori klasik dan keynes menegnai penentuan tingkat kegiatan ekonomi negara, perekonomian pasar barang dan pasar uang, keseimbangan pasar barang dan pasar uang (analisis IS-LM), Pertumbuhan ekonomi, inflasi dan pengangguran, konsumsi dan investasi, perekonomian terbuka | Case Methods | |
17 | 190602603W028 | Ekonomi Produksi Perikanan | Setelah Mengikuti Mata Kuliah Ekonomi Produksi Perikanan Yang Diberikan 14 Kali Pertemuan Pada Semester V Maka Mahasiswa Mampu Menjelaskan Hubungan Antara Input Dan Output Produksi Serta Membuat Kurva Tahapan Proses Produksi. | Dalam Mata Kuliah Ekonomi Produksi Perikanan Berisi Bahasan Tentang Hubungan Fisik Antara Input Dan Output Produksi Perikanan Berdasarkan Prinsif Memaksimumkan Keuntungan Secara Efisiensi Teknik, Efisiensi Harga Dan Efisiensi Ekonomi, Serta Penjelasan Tahapan Dalam Proses Produksi. | Case Methods | |
18 | 190602603W030 | Manajemen Mina Bisnis Perikanan | Mampu memahami landasan teori dan kosep ekonomi kelautan dan perikanan yang berkelanjutan yang terkait dengan ekonomi produksi perikanan; Mampu memanfaatkan ipteks dalam menguraikan analisa usaha perikanan berdasarkan ruang lingkup ilmu ekonomi produksi perikanan dalam upaya peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara; Mampu melaksanakan penelitian, serta mempublikasikan hasil penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang Agrobisnis perikanan berdasarkan teori dan aplikasi ekonomi produksi prikanan dengan berpijak pada keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam pengelolaan sumberdaya perikanan berdasarkan hasil analisis data yang bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Mampu menerapkan konsep dasar kewirausahaan bidang perikanan berkenaan dengan aspek ekonomi produksi perikanan dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | Mata Kuliah Managemen Minabisnis Perikanan in diharapkan mahasiswa dapat memahami serta menjelaskan kegiatan agribisnis perikanan pada bidang penangkapan, budidaya dan serta pengolahan perikanan, serta menganalisa usaha perikanan tersebut | Mampu merancang penelitian dengan topik berbagai kegiatan baik di bidang sosial maupun ekonomi dari berbagai usaha yang dilakukan oleh masyarakat perikanan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan; Mampu merancang penelitian dengan topik kearifan lokal masyarakat pesisir dalam mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan; Mampu merancang penelitian dengan ruang lingkup pengukuran potensi sumberdaya perikanan dan kelautan baik dari sisi ekonomi,biologi maupun ekologi di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. | Case Methods |
19 | 190602603W031 | Manajemen Industri Perikanan | Setelah Mengikuti Mata Kuliah Manajemen Industri Perikanan Yang Disajikan dalam 14 Kali Pertemuan Pada Semester V, Maka Diharapkan Mahasiswa Dapat Memahami Dan Menjelaskan Konsep Dan Teori Manajemen Industri Perikanan Serta Mampu Mengaplikasikannya Dalam Berbagai Aspek Kehidupan. | Mata Kuliah Manajemen Industri Perikanan Berisi Pokok – Pokok Bahasan, Di antaranya : Pendahuluan, Manajemen Industri Manajemen Operasi, Manajemen Jasa, Analisis Lokasi | Case Methods | |
20 | 190602603W032 | Sistem Informasi Manajemen Perikanan | Setelah mengikuti Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen Perikanan yang diberikan sebanyak 14 kali pertemuan pada Semester VII maka mahasiswa diharapkan memahami dan mampu menjelaskan perancangan dan pemanfaatan sistem informasi manajemen perikanan | Dalam Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen Perikanan Berisi Bahasan Tentang konsep dasar sistem informasi, perkembangan sistem informasi, sistem informasi berbasis komputer, sistem jaringan, model sistem informasi, aspek-aspek perancangan sistem, scheduling, perangkat keras sistem, perangkat lunak sistem, I/P/O sistem dan managemen sistem. | Mampu merancang penelitian dengan topik berbagai kegiatan baik di bidang sosial maupun ekonomi dari berbagai usaha yang dilakukan oleh masyarakat perikanan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. Mampu merancang penelitian dengan topik kearifan lokal masyarakat pesisir dalam mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. Mampu merancang penelitian dengan ruang lingkup pengukuran potensi sumberdaya perikanan dan kelautan baik dari sisi ekonomi,biologi maupun ekologi di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. | Case Methods |
21 | 190602603W033 | Perencanaan dan Evaluasi Program | Mampu memahami landasan teori dan konsep sosial, manajerial dan komunikasi yang terkait dengan perencanaan program penyuluhan; Mampu memanfaatkan ipteks pada pelaksaan penyuluhan yang adaptif terhadap lingkungan berdasarkan ruang lingkup ilmu perencanaan program penyuluhan dalam upaya peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara; Mampu melaksanakan penelitian, serta mempublikasikan hasil penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang agrobisnis perikanan berdasarkan teori dan aplikasi perencanaan program penyuluhan dengan berpijak pada keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam pengelolaan sumberdaya manusia dan sumberdaya alam dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan kelompok masyarakat pelaku usaha perikanan berdasarkan hasil analisis data yang bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | Dalam mata kuliah perencanaan program penyuluhan berisi bahasan tentang konsep dan pengertian perencanaan, program, perencanaan program penyuluhan, peranan perencanaan, tahap-tahap dalam perencanaan program penyuluhan, mekanisme penyusunan program penyuluhan, metode kajian kebutuhan, metode RRA dan PRA, diskusikelompok terfokus (FGD) dan konsultasi publik | Case Methods | |
22 | 190602603W038 | Perencanaan dan Evaluasi Proyek Perikanan | Mampu menjelaskan landasan teori dan kosep perencanaan dan evaluasi proyek perikanan dikaitkan dengan ekonomi kelautan dan perikanan yang berkelanjutan; Mampu menjelaskan konsep perencanaan usaha dan evaluasi proyek (usaha) perikanan; Mampu mengaplikasikan IPTEKS yang berkenaan dengan perencanaan dan evaluasi proyek; Mampu menganalisa dan menguraikan kelayakan usaha perikanan berdasarkan ruang lingkup perencanaan dan evaluasi proyek perikanan. | Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan pentingya perencanaan dan evaluasi proyek, evaluasi proyek perikanan, peran perencanaan dan evaluasi proyek perikanan dalam peningkatan usaha perikanan, disiplin ilmu yang terkait, bunga dan nilai uang, biaya dan benefit proyek, sistematika evaluasi proyek perikanan, aspek-aspek yang terkait, analisis kriteria investasi, jenis biaya dan benefit proyek, umur proyek, pemilihan proyek dengan kriteria investasi dan studi kasus proyek-proyek perikanan | Case Methods | |
23 | 190602603W039 | Kebijakan dan Strategi Pembagunan Perikanan | Setelah Mengikuti Mata Kuliah Kebijakan Pembangunan Perikanan Yang Diberikan 14 Kali Pertemuan Pada Semester VII Maka Mahasiswa Diharapkan Mampu Menjelaskan Rekonstruksi Sosial dan Ekonomi Indonesia Dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Sebagai Perwujudan Reformasi di Bidang Ekonomi dan Metode untuk Analisis Kebijakan Pengelolaan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan. | Mata Kuliah Kebijakan Pembangunan Perikanan Berisi Bahasan Tentang Dekonstruksi Pembangunan Orde Baru : Kritik Empiris, Historis-Struktural, Teoritis dan Catatan Kritis Terhadap Globalisasi, Rekonstruksi Sosial dan Ekonomi Indonesia Dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Sebagai Perwujudan Reformasi di Bidang Ekonomi, Analisis Hierarki Analitik (Analytical Hierarchy Process) : Suatu Metode untuk Analisis Kebijakan Pengelolaan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan, Analisis Sistem, Analisis PERT | Case Methods | |
24 | 190602603P001 | Produksi dan Komunikasi Multimedia | Menguasai landasan teori dan konsep-konsep sosial Kelautan Perikanan; Menguasai Landasan Teori dan Konsep-Konsep Ekonomi KP yang berkelanjutan Menguasai konsep dasar dibidang penelitian agrobisnis perikanan (sosial ekonomi perikanan); Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Mewujudkan karakter “Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh” dalam perilaku keseharian; Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam penyelesaian masalah pada bidang ekonomi dan bisnis perikanan; Mampu menyusun hasil kajian dibidang agrobisnis perikanan (sosek perikanan) yang tertuang dalam skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; Mampu berperan sebagai fasilitator/konsultan bidang pemberdayaan masyarakat perikanan; Mampu membuat desain media dalam produksi multi media bidang perikanan Mampu mengelola kelompok masyarakat pelaku usaha perikanan dalam adopsi ipteks perikanan; Mampu merancang dan melaksanakan penelitian, serta mempublikasikan hasil penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang Agrobisnis perikanan | Dalam Mata Kuliah Komunikasi Bisnis ini Berisi: Definisi dan konteks komunikasi, Media sebagai sarana penyuluhan, pengertian sistem multimedia,teknik pembuatan poster dan leaflet, media penyuluh melalui majalah udara. | Case Methods | |
25 | 190602603P002 | Dinamika Kelompok | Menguasai landasan teori dan konsep-konsep kelompok; Menguasai Landasan Teori tentang pemanfaatan sumberdaya perikanan melalui kelompok yang berkelanjutan; Menguasai konsep dasar dibidang penelitian sosial ekonomi perikanan; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Mewujudkan karakter “Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh” dalam perilaku keseharian; Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam penyelesaian masalah pada bidang ekonomi dan bisnis perikanan; Mampu menyusun hasil kajian di bidang sosial ekonomi perikanan yang tertuang dalam skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; Mampu berperan sebagai fasilitator/konsultan bidang pemberdayaan masyarakat perikanan. | Dalam Mata Kuliah Komunikasi Bisnis ini Berisi: ruang lingkup kelompok, unsur-unsur dinamika kelompok, perilaku organisasi, perilaku kelompok, perilaku individu, kepemimpinan (leadership) dalam kelompok | Case Methods | |
26 | 190602603P003 | Ekologi Manusia | Setelah mengikuti Mata Kuliah Ekologi manusia yang diberikan 14 kali pertemuan pada Semester IV maka mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tentang pengertian dan pendekatan ekologi manusia, masalah sosial dan pendekatan ekologi terhadap masalah sosial. Selain itu mahasiswa juga mengetahui tentang analisis mengenai dampak lingkungan dan resiko lingkungan serta menganalisis contoh kasus berkaitan dengan interaksi manusia dengan lingkungannya. | Mata Kuliah Ekologi Manusia berisi bahasan tentang pengertian ekologi manusia, beberapa pendekatan tentang ekologi manusia, organisasi ekologi, masalah ekologi dan lingkungan hidup, masalah sosial, dominasi (pengaruh dan kekuasaan), pendekatan ekologi terhadap masalah sosial, arti dan peranan analisis mengenai dampak lingkungan, kearifan lokal, strategi adaptasi masyarakat perikanan | Mampu merancang penelitian dengan topik berbagai kegiatan baik di bidang sosial maupun ekonomi dari berbagai usaha yang dilakukan oleh masyarakat perikanan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan; Mampu merancang penelitian dengan topik kearifan lokal masyarakat pesisir dalam mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan; Mampu merancang penelitian dengan ruang lingkup pengukuran potensi sumberdaya perikanan dan kelautan baik dari sisi ekonomi,biologi maupun ekologi di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. | Case Methods |
27 | 190602603P004 | Valuasi Ekonomi | Case Methods | |||
28 | 190602603P005 | Pengembangan Ikan Hias dan Ikan Lokal | Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan dan mampu melakukan domestikasi ikan lokal, mengelola induk ikan hias dan ikan lokal, memijahkan ikan hias dan ikan lokal, melakukan pemeliharaan larva ikan hias dan ikan lokal, melakukan sex reversal, melakukan pendederan dan pemeliharaan benih ikan hias dan ikan lokal, melakukan panen ikan hias, pengangkutan ikan hias, melakukan pemasaran ikan hias, menganalisis usaha budidaya ikan hias dan ikan lokal, serta menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) | Mata kuliah ini membahas mengenai tinjauan umum domestikasi ikan lokal, tahapan domestikasi ikan, pemilihan lokasi dan persiapan wadah budidaya, pengelolaan induk ikan hias dan ikan lokal, pemijahan ikan hias dan ikan lokal, pemeliharaan larva ikan hias dan ikan lokal, sex reversal, pendederan dan pemeliharaan benih ikan hias dan ikan lokal, panen ikan hias, pengangkutan ikan hias, pemasaran ikan hias, analisis usaha budidaya ikan hias dan ikan lokal, serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) | ||
29 | 190602603P006 | Konservasi Sumberdaya Perairan | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang parameter dan metode yang digunakan dalam menentukan KBA; Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang penggunaan GAP Analysis dalam pembentukan kawasan konservasi; Mahasiswa mampu memahami bagaimana mengintegrasikan KBA ke dalam GAP Analysis; Mahasiswa mengetahui perkembangan keberadaan kawasan konservasi perairan, kawasan konservasi pesisir dan laut, dan daerah perlindungan laut yang ada di Indonesia. Masalah yang dihadapi dan tantangan tantangannya. | Matakuliah ini membahas bagaimana awal mula pola pikir, konsep dalam penyusunan sebuah kawasan konservasi. dalam hal ini dengan menggunakan Key Biodiversities Area (KBA) yang kemudian diintegrasikan dengan menggunakan GAP Analysis. Untuk melihat kesesuaian dalam pemilihan kawasan konservasi. Pemilihan ini juga didasarkan pada skala prioritas kawasan konservasi yang diinginkan. | Mampu mengaplikasikan konsep Konservasi Sumberdaya Perairan yang dapat digunakan untuk memahami dan membantu dalam konservasi lingkungan perairan dan kelautan di area hutan tropis lembap di pulau Kalimantan. | Case Methods |
30 | 190602603P007 | Standarisasi dan Penjaminan Mutu Terpadu | Mahasiswa mampu menggunakan konsep teoritis dan procedural apda bidang kimia pangan sehingga mahasiswa memiliki kompetensi: Kognitif, menguasai dan mengkarakterisasi komponen kimia makro dan mikro yang terdapat pada pangan sesuai dengan komposisi, struktur, reaksi kimia sifat fungsional, sifat fisiko-kimia serta perubahan yang terjadi akibat penanganan, pengolahan dan penyimpanan pangan; Psikomotorik, yakni memilih dan menjalankan kimia pangan khususnya sumberdaya hasil perikanan sesuai dengan topik permasalahan tugas akhir yang mereka pilih; Efektif, memiliki kepekaan dan kepedulian dalam mengelola sumber daya alam dan lingkungannya. | Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi prinsip-prinsip kimiawi komponen bahan pangan, baik berupa komponen makro (air, lemak, karbohidrat, protein) mau pun mikro (vitamim, mineral, pigmen, flavor, bahan tambahan pangan, dan senyawa beracun), yang mencangkup komposisi, struktur, dan reaksi kimia yang melibatkan komponen bahan pangan selama penanganan, pengolahan dan penyimpanan | Menghasilkan karya sains yang berkaitan dengan kimia pangan serta aplikasinya dalam pengelolaan hutan hujan tropis | |
31 | 190602603P008 | Selam Ilmiah | Mahasiswa mampu memahami dan menguasai teknik menyelam yang benar dan aman, guna mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan survey dan pengamatan bawah laut. | Mata Kuliah ini membahas tentang konsep dasar penyelaman, pengenalan peralatan penyelaman (dasar dan SCUBA), hukum-hukum fisika penyelaman, kesehatan penyelaman (penyakit-penyakit akibat penyelaman), mengenal kode atau signal yang digunakan dalam penyelaman, mengidentifikasi lingkungan penyelaman, teknis dan cara masuk ke air pada awal penyelaman, prosedur penyelaman yang benar, mengetahui hewan laut berbahaya dalam kegiatan penyelaman, mengenal cara perawatan peralatan SCUBA. | Mampu mengaplikasikan teknik-teknik menyelam yang benar dan aman, sehingga dapat digunakan untuk memahami dan membantu mengelola dan menyelesaikan permasalahan disekitar kawasan ekosistem laut kaitannya dengan pengaruh dari kawasan hutan tropis lembab di Kalimantan Timur. | Project Based Learning |
32 | 190602603W18 | Penyuluhan dan Komunikasi Perikanan | Mampu memanfaatkan Ipteks pada pelaksanaan penyuluhan yang adaptif terhadap lingkungan hutan tropis; Mampu berperan sebagai fasilitator/konsultan bidang pemberdayaan masyarakat perikanan; Mampu mengelola kelompok masyarakat pelaku usaha perikanan dalam adopsi ipteks perikanan; Memahami landasan teori dan konsep-konsep Penyuluhan Kelautan Perikanan dan mampu menerapkan teknologi di bidang penyuluhan perikanan kepada kelompok masyarakat pelaku usaha perikanan. | Pendahuluan ( konsep dan pengertian penyuluhan), unsur-unsur penyuluhan, falsapah dan filsafat penyuluhan. Perbedaan penyuluhan, penerangan, dan propaganda, Pengertian dan proses adopsi inovasi, fungsi dan peran penyuluh, Unsur-unsur penyuluhan, Pengertian dan Peran Komunikasi, Bentuk dan Efektifitas Komunikasi, Metode dan media penyuluhan serta Peranan media dalam penyuluhan | Case Methods | |
33 | MU0000602W003 | Pendidikan Kewarganegaraan | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah-masalah kontekstual seputar warga negara dan negara serta hubungan antar keduanya, mengembangkan sikap-sikap positif kewarganegaraan, dan membangun perilaku-perilaku kewarganegaraan yang mendukung terciptanya wawasan dan semangat kebangsaan (nasionalisme) dan bela negara (patriotisme), cinta tanah air, demokrasi, kesadaraan akan hukum dan hak asasi manusia, pengahargaan terhadap keragaman dan berpartisipasi dalam membangun bangsa dan negara berdasarkan pancasila dan UUD NKRI 1945. | Pendidikan Kewarganegaraan sebagai kelompok Mata kuliah Institusional berfungsi sebagaii orientasi mahasiswa dalam memantapkan wawasan dan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi, kesadaran hukum, penghargaan atas keragamaan dan partisipasinya membangun bangsa berdasar Pancasila. Sesuai dengan fungsinya, Pendidikan Kewarganegaraan menyelenggarakan pendidikan kebangsaan, demokrasi, hukum, multikulural dan kewarganegaraan bagi mahasiswa guna mendukung terwujudnya warga negara yang sadar akan hak dan kewajiban, serta cerdas, terampil dan berkarakter sehingga dapat diandalkan untuk membangun bangsa. | ||
34 | 190602603W005 | Ekologi Perairan | ||||
35 | 190602603W006 | Kimia Dasar | Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, sejarah dan manfaat akuakultur; beberapa sistem akuakultur meliputi land and water-based aquaculture, sistem terbuka, sistem semi terbuka dan tertutup, sistem kolam, sistem keramba dan bak. | Mata kuliah ini membahas tentang pengetian, sejarah dan manfaat akuakultur, sistem akuakultur, produksi akuakultur, kualitas air, pakai air, pembenihan ikan, dan bisnis akuakultur | ||
36 | 190602603W007 | Kewirausahaan Perikanan dan Kelautan | Setelah Mengikuti Mata Kuliah Ekonomi Perikanan Yang Diberikan 14 Kali Pertemuan Pada Semester II Maka Mahasiswa Mampu, Menjelaskan Konsep Kewirausahaan dan bisnis, merintis dan mengelola sebuah bisnis, serta menjaga kesinambungan usaha. | Dalam Mata Kuliah Ekonomi Perikanan Berisi Bahasan Tentang bagaimana seseorang mengembangkan/membangun kecendrungan mental sebagai wirausaha. | Case Methods | |
37 | 190602603W008 | Dasar-dasar Akuakultur | Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, sejarah dan manfaat akuakultur; beberapa sistem akuakultur meliputi land and water-based aquaculture, sistem terbuka, sistem semi terbuka dan tertutup, sistem kolam, sistem keramba dan bak. | Mata kuliah ini membahas tentang pengetian, sejarah dan manfaat akuakultur, sistem akuakultur, produksi akuakultur, kualitas air, pakai air, pembenihan ikan, dan bisnis akuakultur | Mampu mengaplikasikan konsep Dasar-Dasar akuakultur yang dapat digunakan untuk memahami dan membantu dalam mengelolah dan menyelesaikan masalah dalam lingkungan perairan dan kelautan di area hutan tropis lembap di pulau Kalimantan. | Case Methods |
38 | 190602603W009 | Dasar-dasar Perikanan Tangkap | ||||
39 | 190602603W010 | Dasar-dasar Teknologi Hasil Perikanan | Mahasiswa Mampu memahami IPTEK dalam memahami proses penanganan dan pengawetan ikan yang benar dengan tetap bertumpu pada mutu, gizi dan keamanan pangan. Mampu merumuskan pemecahan masalah yang komprehensif dengan pendekatan yang logis dan terukur pada lingkup penanganan hasil perikanan, mempunyai sikap disiplin, bertanggung jawab atas pekerjaan, selalu berusaha meningkatkan pemahaman dan kualitas kemampuan teknis. Mempunyai etos kerja dan integritas yang tinggi, secara sigap mampu menganalisa pote nsi permasalahan dengan tepat dan mempunyai kemampuan berkomunikasi yang efektif mengenai hasil perikanan yang benar | Mata kuliah ini mengkaji tentang ruang lingkup penanganan dan pengawetan ikan yang mencakup konsep dasar kesegaran ikan dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, prinsip penangan dasar ikan dan non ikan dengan sistim rantai dingin (Cold chain system), penanganan hasil budidaya dan tangkapan ikan dan non ikan, konsep fisiologis ikan hidup dan dasar bioteknis transportasi pada ikan hidup, penanganan ikan di kapal dan di darat, cara penanganan ikan tuna untuk produk sashimi ataupun sushi, cara penanganan udang untuk eksport, metode pengeringan rumput laut dan parameter kesegaran ikan. Selain itu, pemahaman tentang syarat mutu, parameter kesegaran ikan secara sensory, konsep dan metode pembekuan dan pendinginan beserta alat-alat yang digunakan, konsep pengelohan tradisional dan modern, penanganan hasil diversifikasi hasil perikanan hingga pemanfaatan limbah hasil perikanan. | Mampu mengkaji segala permasalahan pengelolaan lingkungan hidup khususnya dilingkungan perairan hutan tropical lembab dari aspek dasar teknologi hasil perikanan | |
40 | 190602603W19 | Ekonomi Mikro | Mampu menjelaskan permasalahan ekonomi beserta jenis-jenis analisis ekonomi; Mampu menjelaskan landasan teori dan kosep permintaan dan penawaran dikaitkan dengan ekonomi kelautan dan perikanan yang berkelanjutan; Mampu menjelaskan konsep mekanisme pasar beserta intervensi pemerintah dikaitkan dengan perencanaan usaha dan evaluasi proyek (usaha) perikanan; Mampu menjelaskan konsep tingkah laku produsen dan konsumen Mampu menjelaskan konsep teori produksi; Mampu menjelaskan teori pasar | Mata kuliah ini membahas tentang meliputi metodologi dan liputan analisis ekonomi mikro, teori permintaan dan penawaran, teori tingkah laku produsen dan konsumen, mekanisme pasar dan kebijakan pemerintah, teori produksi dan biaya produksi, struktur pasar dan penentuan keseimbangan perusahaan | Case Methods | |
41 | 190602603W020 | Komoditi Perikanan | Case Methods | |||
42 | 190602603W021 | Tataniaga Hasil Perikanan | Mampu memahami landasan teori dan kosep ekonomi kelautan dan perikanan yang berkelanjutan yang terkait dengan ekonomiproduksi perikanan Mampu memanfaatkan ipteks dalam menguraikan analisa usaha perikanan berdasarkan ruang lingkup ilmu pemasaran hasilperikanan dalam upaya peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, Mampu melaksanakan penelitian, serta mempublikasikan hasil penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pemasaran perikanan berdasarkan teori dan pemasaran hasil prikanan dengan berpijak pada keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam pengelolaan sumberdaya perikanan berdasarkan hasil analisis data yangbertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Mampu menerapkan konsep dasar pemasaran bidang perikanan berkenaan dengan aspek pemasaran hasil perikanan denganmenginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | Matakuliah ini mengenalkan bidang kajian pemasaran atau tataniaga dengan fokus pada hasil-hasil perikanan yang terkait denganaspek fungsi tataniaga, lembaga dan saluran pemasaran, bentuk pasar, permintaan dan penawaran, harga, biaya, margin, efisiensi, merchandizing, pemetaan pasar dan peran pemerintah serta berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pemasaran hasil perikanan di Indonesia. | Case Methods | |
43 | 190602603W022 | Akutansi Perikanan dan Kelautan | Mampu menjelaskan Akuntansi dan lingkungannya; Mampu menjelaskan dan membuat Jurnal dan posting usaha perikanan; Mampu menjelaskan dan membuat Neraca lajur usaha perikanan; Mampu menjelaskan dan membuat Penutupan buku dan penyesuaian kembali pada usaha perikanan; Mampu menjelaskan sistem akuntansi | Mata kuliah ini membahas tentang Akuntansi dan lingkungannya, Dasar-dasar prosedur pembukuan, Jurnal dan posting, Penyesuaian pembukuan, Neraca lajur, Penutupan buku dan penyesuaian kembali | Mampu merancang penelitian dengan topik berbagai kegiatan baik di bidang sosial maupun ekonomi dari berbagai usaha yang dilakukan oleh masyarakat perikanan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan; Mampu merancang penelitian dengan topik kearifan lokal masyarakat pesisir dalam mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. | Case Methods |
44 | 190602603W024 | Dasar-dasar Menajemen | Dalam Mata Kuliah Dasar- Dasar Manajemen Berisi Pokok – Pokok Bahasan, Di antaranya : Pendahuluan, Tokoh – Tokoh Manajemen, Pemimpin Dan Kepimpinan, Kewibawaan Dan kekuasaan Serta Tanggung Jawab Dalam Manajemen, Fungsi Manajemen (Perencanaan, Perorganisasian, Penyusunan , Pengarahan, dan Pengawasan) | Mampu merancang penelitian dengan topik berbagai kegiatan baik di bidang sosial maupun ekonomi dari berbagai usaha yang dilakukan oleh masyarakat perikanan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan; Mampu merancang penelitian dengan topik kearifan lokal masyarakat pesisir dalam mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan; Mampu merancang penelitian dengan ruang lingkup pengukuran potensi sumberdaya perikanan dan kelautan baik dari sisi ekonomi,biologi maupun ekologi di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. | Case Methods | |
45 | 190602603W025 | Kelembagaan Perikanan | Mahasiswa mampu menggunakan konsep teoritis mampu menjalankan prosedur penelitian kualitatif pada bidang kelembagaan perikanan dalam upaya mengembangkan model kelembagaan perikanan yang adaptif dan resilien | Mata kuliah ini mengenalkan konsep, teori, metodologi dan praktik kelembagaan perikanan | Mampu merancang penelitian dengan topik berbagai kegiatan baik di bidang sosial maupun ekonomi dari berbagai usaha yang dilakukan oleh masyarakat perikanan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. Mampu merancang penelitian dengan topik kearifan lokal masyarakat pesisir dalam mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. Mampu merancang penelitian dengan ruang lingkup pengukuran potensi sumberdaya perikanan dan kelautan baik dari sisi ekonomi, biologi maupun ekologi di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. | Case Methods |
46 | 190602603W026 | Hukum dan Peraturan Perikanan | Case Methods | |||
47 | 190602603W034 | Pengolahan Data Sosial Ekonomi Perikanan | Mahasiswa mampu menerapkan metode analisis secara tepat dalam upaya melihat keterkaitan permasalahan maupun potensi sosial ekonomi perikanan | Mata kuliah ini membahas konsep teoritis dan prosedural dalam pengolahan data sosial ekonomi perikanan; Membahas Arti dan Jenis Data Dalam Metode Kuantitatif dan Kualitatif; Membahas Tahapan dalam penelitian Kuantitatif dan Kualitatif | Mampu merancang penelitian dengan topik berbagai kegiatan baik di bidang sosial maupun ekonomi dari berbagai usaha yang dilakukan oleh masyarakat perikanan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan; Mampu merancang penelitian dengan topik kearifan lokal masyarakat pesisir dalam mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan; Mampu merancang penelitian dengan ruang lingkup pengukuran potensi sumberdaya perikanan dan kelautan baik dari sisi ekonomi,biologi maupun ekologi di daerah hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. | Case Methods |
48 | 190602603W035 | Metode Penelitian Sosek Perikanan | Kognitif, yakni mahasiswa akan mengetahui, memahami dan mampu membedakan berbagai metode penelitian dalam bidang Sosial Ekonomi Perikanan; Psikomotorik, yakni mahasiswa mampu memilih dan melaksanakan langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan topik ataupun permasalahan tugas akhir yang mereka minati dan pilih; Afektif, yakni mahasiswa mampu menghindari cara-cara yang tidak terpuji dalam penelitian, misalnya plagiat. | Matakuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa berupa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan penelitian, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian. | Case Methods | |
49 | 190602603W036 | Statistik Non Parametik | Dalam Mata Kuliah Analisis Kuantitatif Sosial Ekonomi Perikanan Berisi Bahasan Tentang konsep dan metodologi ekonometrika, asumsi-asumsi regresi klasik Gauss Markov, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda,.uji penyimpangan asumsi heterokedastisitas, pengujian multikolinearitas, pengujian auto korelasi, analisis korelasi, variabel boneka (dummy) dalam regresi, regresi variabel tidak bebas kualitatif | Case Methods | ||
50 | 190602603W037 | Perdagangan Internasional | Setelah mengikuti Mata Kuliah Perdagangan Internasional yang diberikan sebanyak 14 kali pertemuan pada Semester VII maka mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan Latar Belakang dan Mekanisme Perdagangan Internasional. | Dalam Mata Kuliah Perdagangan Internasional Berisi Bahasan Tentang Gambaran Umum, Teori dan Kebijakan Ekonomi Perdagangan Internasional | Case Methods | |
51 | 190602603P029 | Ekonomi Sumber Daya Perikanan | Case Methods | |||
52 | 190602603P009 | Ekonomi Sumber Daya Manusia | Case Methods | |||
53 | 190602603P010 | Pendidikan Orang Dewasa | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Mampu mengelola kelompok masyarakat pelaku usaha perikanan dalam adopsi ipteks perikanan | Mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar mengenai andragogi, prinsid-prinsip dalam pembelajaran orang dewasa, dan metode-metode pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan orang dewasa. Agar mahasiswa mampu memahami dengan baik perbedaan antara pedagogi dan andragogi, maka konsep dasar pedagogi juga ditambahkan ke dalam cakupan mata kuliah ini. | Case Methods | |
54 | 190602603P011 | Kajian Gender dan Pembangunan | Setelah mengikuti mata kuliah ekonometrika yang diberikan 14 kali pertemuan pada semester VI maka mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep dan aplikasi analisis gender dalam pembangunan. | Case Methods | ||
55 | 190602603P012 | Ekonometerika | Setelah mengikuti mata kuliah ekonometrika yang diberikan 14 kali pertemuan pada semester VI maka mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep dan aplikasi analisis ekonometrika untuk penelitian. | Dalam Mata Kuliah Analisis Kuantitatif Sosial Ekonomi Perikanan Berisi Bahasan Tentang konsep dan metodologi ekonometrika, asumsi-asumsi regresi klasik Gauss Markov, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji penyimpangan asumsi heterokedastisitas, pengujian multikolinearitas, pengujian auto korelasi, analisis korelasi, variabel boneka (dummy) dalam regresi, regresi variabel tidak bebas kualitatif | Case Methods | |
56 | 190602603P013 | Teknologi dan Manajemen Produksi Perikanan | Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi perancangan proses dan pemilihan teknologi, pembenihan ikan air tawar, payau dan laut. Intensitas penggunaan dan penyediaan sarana produksi, penjadwalan serta pengawasan penerapan teknologi dan proses produksi | |||
57 | 190602603P014 | Pengolahan Pesisir Terpadu | Mampu memahami pengertian kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil; Mampu memahami tolok ukur, kaidah, nilai, dan norma perencanaan pulau-pulau kecil dan pesisir secara berkelanjutan; Mampu memahami ruang lingkup dan penerapan kaidah pengembangan pulau-pulau kecil dan pesisir; Mampu melakukan analisis dan sistesis terhadap kasus-kasus pulau- pulau kecil dan pesisir; Mampu menghayati dan menerapkan etika profesi dalam penugasan di bidang pulau-pulau kecil dan pesisir; Memiliki sikap profesional dan bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang ilmu kelautan secara mandiri. | Memberikan materi pengetahuan dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai berbagai aspek dalam perencanaan kawasan pesisir. Secara garis besar Materi perkuliahan akan membahas mengenai karakteristik khas geografi pulau-pulau kecil dan pesisir beserta konsekuensinya dalam pengembangan wilayah. Karakteristik khas pulau-pulau kecil dan pesisir secara spatial, ekonomi, ekologi, sosial dan budaya. Perkuliahan ini juga membahas teori-teori dasar dan praktek penerapan pengembangan kawasan pesisir terpadu berwawasan pembangunan berkelanjutan. | Mampu mengaplikasikan konsep Pengelolaan Pesisir Terpadu yang dapat digunakan untuk memahami dan membantu dalam mengelolah dan menyelesaikan masalah dalam lingkungan perairan dan kelautan di area hutan tropis lembap di pulau Kalimantan. | |
58 | 190602603P015 | Diversifikasi dan Pengembangan Produk Hasil | Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip pengolahan, diversifikasi, dan pengembangan produk hasil perikanan serta memberikan contoh berbagai produk baru yang memiliki nilai tambah dan nilai komersial yang tinggi dari hasil perikanan | Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi pemahaman konsep teoritis sains dan teknologi pengembangan produk, formulasi, aplikasi dalam pengembangan dan komersialisasi produk bernilai tambah hasil perikanan, pembuatan produk baru yang potensial untuk dikomersialisasikan dan memberi sumbangan dalam penciptaan kedaulatan pangan protein ikan. | Mampu mengkaji segala permasalahan pengelolaan lingkungan hidup khususnya di lingkungan perairan hutan tropical lembab dari aspek pengolahan, diversifikasi dan pengembangan produk hasil perikanan. | |
59 | 190602603P016 | Pengideraan jauh Kelautan | Mampu menemukan gejala/fenomena biofisik di laut menggunakan metode penginderaan jauh; Mampu mengkategorikan ekosistem laut berdasarkan data penginderaan jauh. | Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas tentang mengaplikasikan data satelit dalam eksplorasi fenomena/gejala alam dan potensi sumberdaya kelautan. Adapun contohnya adalah seperti deteksi klorofil, sedimen, kedalaman perairan dangkal, pencemaran, suhu permukaan laut dan tinggi gelombang. Isi mata kuliah ini membahas teori, aplikasi dan praktek menggunakan metode penginderaan jauh beserta perangkat lunak yang digunakan dalam menemukan potensi sumberdaya kelautan. | Mampu memahami dan menjelaskan aplikasi teknologi penginderaan jauh untuk eksplorasi kelautan di lingkungan hutan tropis lembap. | |
60 | 190602603W023 | Komunikasi Bisnis Perikanan | Menguasai landasan teori dan konsep-konsep sosial Kelautan Perikanan; Menguasai Landasan Teori dan Konsep-Konsep Ekonomi KP yang berkelanjutan; Menguasai konsep dasar dibidang penelitian agrobisnis perikanan (sosial ekonomi perikanan); Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; Mewujudkan karakter “Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh” dalam perilaku keseharian; Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam penyelesaian masalah pada bidang ekonomi dan bisnis perikanan; Mampu mengelola kelompok masyarakat pelaku usaha perikanan dalam adopsi ipteks perikanan; Mampu merancang dan melaksanakan penelitian, serta mempublikasikan hasil penelitian sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang Agrobisnis perikanan. | Dalam Mata Kuliah Komunikasi Bisnis ini Berisi: Dasar-dasar Komunikasi, Bentuk dan efektifitas komunikasi, Komunikasi Dalam organisasi Bisnis, Komunikasi Antar Budaya sebagai dasar bisnis, Teknologi sebagai media dalam Komunikasi bisnis, Komunikasi dalam Kelompok kecil dan Rapat, peran promosi melalui iklan dalam komunikasi bisnis pemasaran, hambatan-hambatan komunikasi, perencanaan pesan bisnis, penyusunan pesan bisnis, Presentasi Bisnis danVisual AID | Case Methods | |
61 | 1906026033W038 | Praktek Kerja Lapangan (PKL) | Project Based Learning | |||
62 | MU0000604W007 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | Project Based Learning |